3 TIPS MELEJITKAN SEMANGAT BERORGANISASI

BERORGANISASI TIDAK SEKEDAR JADI KURIR

BANYAK SEKALI HAL MENARIK DI SANA

Assalamualaikum….

Hallo teman-temanku…

Sudah sekian lama kita merajut waktu di asrama etos..

Disini saya ingin berbagi tips dengan kalian menyoal bagaimana sih agar kalian SEMANGTAT  berorganisasi.. tulisan ini saya kutip ketika saya mengikuti pelatihan paling berGENGSIi di JMMI, yaitu PSI 3 (Program studi Islam) 3.. Waktu itu pembicaranya ialah SANG PRESIDEN BEM UNAIR yang ehm… sedikit ABU-ABU sih..  tapi memiliki SEGUDANG WAWAASAN dan ILMU yang sangat menarik untuk DICERNA…

Apa saja sih tips-tipsnya..

Okey…

SELAMI baik-baik yah….

  1. Temukan CINTA mu di SANA

EHM… maksudnya temukan CINTAmu disini bukan rasa suka pada LAWAN jenis.. tapi sesuatu yang membuat kita meraasa NYAMAN disana.. apa sih  sesuatau yang membuat rasa NYAMAN itu.. Yups,,, jawabannya adalah jalinlah IKATAN EMOSIONAL yang ERAT dengan orang-orang yang berada diorganisasimu..

Suatu organisasi yang HANYA  terdiri dari ikatan structural dan keprefosionalan TANPA diserta ikatan emosional antar anggotanya namanya organisasi itu MATI SYURI..  dengan kata lain, hubungan antara  person-person dalam organisasi hanyalah hubungan ADA JIKA ADA URUSAN… JIKA TIDAK ADA URUSAN MAKA TIDAK ADA HUBUNGAN…Mereka akan berteman jika mereka mau mengadakan kepanitiaan, jika tidak, maka mereka udah cabut dengan urusannya masing2…

Makanya.. saran saja.. mulai sekarang.. jika ada SYURO misalnya.. yang diomongin jangan hanya JOB DESK… PEMBAGIAN TUGAS… DEADLINE…. Ajak juga donk omongin hal lain sepele dan menurut mereka tidak penting untuk MENCAIRKAN suasana.. Tanya pada ketua panitiannya.. “Mas ,, semester ini ambil SKS berapa?” atau “Gimana kabar pacarnya” atau “dimana koznya?” atau “Suka liat fil naruto gak” atau pertanyaan yang lainnya dech… jangan cuman Tanya “ Mas, sie dana ini koq belum nyebar proposal” atau “pembicaranya udah fiks belum” atau pertanyaan serius lainnya.

Pertanyaan seperti itu MEMANG PERLU dalam organisasi.. tapi berikan WARNA yang BERBEDA.. jalin IKATAN EMOSIONAL disana.. GUYON bareng misalnya… atau NGOPI JUPE BARENG… hahaha…

Satu hal yang perlu diperhatikan… KERJA SAMA TEAM  akan semakin baik jika IKATAN EMOSIONAL antar anggotanya semakin ERAT.. Kalo di organisasi cumAn rapat kerja rapat kerja doank… aduh… bakal BOSAN SETENGAH MATI… mending RINDU SETENGAH MATI.. tapi rindu sama siapa hayo??? Ya RINDU pada anggotanya donk. OKEY

  1. JANGAN HANYA JADI KURIR

Jika kalian mengikuti organisasi, selalu CHEK dan RICHEK.. apa sih manfaatku disana?

Apa cuman jadi KURIR alias OC? Atau cuman NAMPANG doank pas SYURO?

Atau cuman jadi ROBOT, kerja, kerja dan kerja terus ataukah yang lainnya…

Evaluasi diri kamu, ada PENGARUHNYA gak kamu ikut ORGANISASI itu, ada BEDANYA gak kamu ketika ikut organisasi itu.. ada PERUBAHANNYA gak kamu ikut itu.. NAMBA TEMEN gak… NAMBAH wawasan gak… jika cuman NAMBAH CAPEK DOANK.. perlu di evaluasi donk.. sayang banget kan ama waktu dan tenaga mu… seharusnya biSA dialokasikan pada waktu dan tempat lain…

Terus… jika kita memang belum NEMUIN MANFAAT gimana…

Jawabannya hanya satu…. GALI dan GALI manfaatnya.. pastinya ada donk… misalnya kamu bisa nambah KONEKSI ke perusahaan.. jadi bisa BUAT PROPOSAL.. jadi bisa NGOMONG di depan UMUM.. jadi bisa NGAJUIN PERIJINAN KE KAJUR atau yang lainnya… jangan hanya jadi bisa KURIR… OKEY

  1. PERAN KAN PERAN KAMU

Nah… hal ketiga yang gak kalah penting adalah kamu harus TAU APA PERAN KAMU DISANA… dalam artian.. ORGANISASIMU akan merasa KEHILANGAN jika keberadaanmu GAK ADA… Misalkan saja kamu bertugas sebagai sie KESTARI.. saat itu anggotanya ada 5 orang… nah disitu kamu harus pinter-pinter NEMUIN peran… misalnya kamu disitu yang berperan untuk ngurusi PRINT dan PRINT.. jadi bilang pada temenmu.. untuk urusan print.. tu TANGGUNG JAWABKU… itu peranku… kalo butuh PRINT.. SMS aku atau hubungi aku aja… tapi untuk urusan lain.. itu tanggung jawab kalian… kita FOKUS pada kinerja masing-masing… BEGITU… MUDENG GAK…

Bagaimana jika kita belon nemuin peran.. jawabnnya tetap sama seperti yang tadi.. MINTALAH PERAN pada yang berwenang.. misalnya aja kamu yang bagian urusan FOTO KOPI… atau KETIK MENGETIK.. atau JILID MENJILID.. pasti ada peran itu,,, sekecil apapun pasti ada…. Yang penting… jangan HANYA BISA NUNGGU PERAN.. OKEY…

Nah itu sedikit tips dari saya…

Mulai sekarang..

Kita berlomba lomba untuk BERPRESTASI di bidang berorganisasi.. jangan cumin BANYAK BANYAKAN organisasi.. CAPEK ATUH… ingat kuliah juga… semangat dan semangat ya… okey…

By.  Boy of Spirit. Dhanaruto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s