Mbak Qoum, pendamping ‘ceriwis’ 2008

Nama : Qomaria
Tempat tanggal lahir : Surabaya, 13 November 1987
Alamat asli : Jalan Kalibutuh Barat V/ 66 Surabaya
Alamat Surabaya : idem
Riwayat Pendidikan :

  • SD : SDN Tembok Dukuh I/83 Surabaya
  • SMP : SLTP Negeri 1 Surabaya
  • SMA : SMA Negeri 5 Surabaya
  • PT : Fakutas Kedokteran Univ. Airlangga

Hobi : Diskusi, jalan- jalan (ke gunung)
Buku Favorit : Saksikan bahwa aku seorang muslim (Salim A. Fillah)
Tokoh favorit : Rasulullah SAW, ayah dan ibu, AA. Gym

    1. Bagaimanakah kehidupan perekonomian keluarga mbak selama ini, bisa dijelaskan kepada kami secara singkat?

Orang tua mbak hanya seorang pedagang kaki lima yang berpenghasilan tidak tetap, jadi semua pemasukan keluarga hanya cukup u/ membiayai kebutuhan sehari- hari saja. Di awal- awal kuliah, orang tua terkadang memberi sedikit uang saku, tapi sejak adek masuk SMP, orang tua hampir tak pernah bisa lagi memberi uang saku seperti dulu. Tapi, alhamdulillah mbak juga punya pemasukan lain selain dari beastudi etos. Mbak memberikan tambahan pelajaran (baca: ngelesi) mulai dari adek- adek SMP, SMA hingga anak kedokteran fakultas lain. Meskipun frekuensinya tak terlalu sering, tapi lumayan lah untuk mengisii kantong. Dulu juga pernah kerja serabutan, kadang jadi juru ketik, distributor pernak- pernik dll. Uang hadiah dari beberapa kompetisi juga menjadi salah satu sumber pemasukan yang membanggakan, makanya SMANGAT ikut lomba, meskipun niatnya juga gak bol;eh hanya bwt cari duit…^^

  1. Apakah ada pengaruh kehidupan perekonomian keluarga mbak terhadap motivasi belajar yang dimiliki selama ini? Jika iya, tolong dijelaskan?

Tentu saja ada!!! Kehidupan perekonomian yang seperti inilah yang membuat mbak SMANGAT sekolah dari TK hingga sekarang!!! Mungkin gak jauh beda dg adek2, mbak punya keinginan besar u/ memperbaiki kondisi keluarga, membuat bangga orang tua n yang terpenting mbak ingin membuktikan bahwa anak miskin pun boleh punya cita- cita tinggi dan insyaAllah bisa mewujudkannya meski harus BERJUANG lebih keras bila dibandingkan anak2 dari keluarga berada. Kita harus bisa mengubah kekurangan menjadi suatu kekuatan dan menjadikan kondisi yg tidak nyaman menjadi trigger untuk berjuang menyamankan kondisi.

  1. Apa yang selama ini menjadi motivasi bagi mbak, sehingga senantiasa tekun belajar dan bisa mendapatkan IPK kumlot?

Wee IP mbak sekarang gak kumlot kog dek,, makanya benernya mbak ngerasa gak pantes dijadikan profil.. Pernah si dapet IPS kumlot waktu semester 3 klo gak salah…tp selanjutn,,seiring perkembangan zaman,jadinya seperti sekarang,hehe:((JANGAN DITIRU dek, klian pasti bisa JAUH lebih baik!!!mbak YAKIN!!!)… IPK terakhir waktu semester 5 cuman 3,37 (semester6 lom kluar)…Doain aja bs lebih baik n bisa lulus dokter dg IPK kumlot…!!!

  1. Menurut pendapat mbak, bagaimanakah strategi belajar yang efektif, mengingat peran kita sebagai mahasiswa, yang tidak hanya memiliki kesibukan belajar, tetapi kesibukan berorganisasi? Bisa dibagikan Tips dan Triknya pada kami?

Bikin jadwal blajar n harus KERAS pada diri sendiri u/ memenuhi jadwal itu!!!jadi idealnya ya blajar itu HARUS DICICIL, apalagi klo kuliah di jurusan yang memang perlu dicicil (kayaknya smwnya deh…), bukankah Rasulullah menyukai amalan yg meski kecil tp istiqomah??? Tp MINIMAL qt harus SERIUS mengikuti kuliah (gak ngantuk, ngobrol, telat dll) shingga qt jadi paham apa yang dah dikuliahkan dosen…jadi klo mw recall/ review pas mw ujian gak susah2 banget!!!

  1. Apa mbak pernah merasa malas dalam belajar? jika iya apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mbak mengatasi kemalasan belajar tersebut?

Malas karena trlalu capek, jadinya gak konsen blajar akhirnya tertidur deh!!! Tp menurut mbak bukan capek masalah utamany,,tapi MOTIVASI!!! ketika qt sudah memilih u/ menjadi mahasiswa yang TIDAK BIASA (mahasiswa yg jg sibuk beraktivitas, punya komitmen jg u/ memikirkan DAKWAH ditambah HARUS menambah penghasilan u/ bertahan hidup), maka qt HARUS punya SMANGAT lebih dari orang2 biasa u/ mengatasi kelelahan2 qt!!! jadi HARUS KERAS pada diri sendiri dek, jangan terlalu banyak bertoleransi pd diri sendiri,,tp tetep harus mempertimbangkan kesehatan, dan punya trik2 pribadi u/ menghibur diri (tp tetep harus syar’I lo…),qt kan jg punya kewajiban u/ menjaga amanah fisik dan mental yang sudah Allah karuniakan kepada qt (manusia) dengan begitu sempurna kan???Intinya qt harus berusaha TAWAZUN (seimbang)!!!

  1. Prestasi-prestasi apa saja yang pernah Mbak raih selama kuliah di UNAIR ( Prstasi akademik. Seperti memenangkan kompetisi perlombaan dll)? Tolong sebutkan dengan detail?

Sebenarnya gak banyak dek n menurut mbak, mbak termasuk orang- orang yang merugi, karena dah 3 tahun kuliah, prestasinya cuman segini!!!Antum pasti bisa LEBIH BAIK insyaAllah!!!

  • Juara 1 lomba esai Ramadhan tingkat fakultas tahun 2008
  • Juara 2 Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa bidang IPS tingkat fakultas th2008
  • Penerima dana Hibah Dikti PKMM 2008
  • Finalis PKMM n go to PIMNAS th 2009

Klo adek perhatikan, mbak tu baru punya kesadaran u/ berprestasi tuh telat,,baru setelah tahun kedua kuliah…makanya motivasi BERPRESTASI tuh harusnya dah mulai ditanamkan sejak dini!!! mumpung masih MUDA!!! Mumpung kuliah n aktivitas lainnya juga blom trlalu padat, iya kan???insyaAllah dg begitu akan lebih optimal…

  1. Bisa diberikan informasi pada kami, berapa saja IP yang mbak dapatkan, mulai semester satu sampai semester akhir?

IP mbk terakhir cuma ampe semester 5 dek cz dapet IPnya berkala cm pas semester 3, 5,7 dst…

Semester 1: 3.37—semester 2: 3,46—semester 3: 3,54—semester 4: 3,43—semester 5: 3,04—IPK: 3,37

  1. Bagaimana cara menjaga agar motivasi belajar kita senantiasa istiqomah menurut pendapat mbak? Bagikan Tips dan Triknya?

Inget kembali tujuan awal dan target2 qt ketika perasaan malas mulai menghinggap, bayangkan iqob2 (hukuman2- yang qt bwt sendiri) yg akan qt terima klo target qt tak trcapai…

Byangkan wajah orang tua, saudara atau pendamping dan korwil etos mungkin,hehe…dan org2 yg mnyayangi qt yang pastinya akan kecewa klo prestasi qt turun…

Ingatlah posisi qt di kampus misalnya (sebagai seorang aktivis apalagi klo aktivis dakwah), di asrama (sudah jadi kakak bagi etoser lain) ato mungkin di rumah (sebagai kakak tertua) yang seharusnya bisa jadi uswah (teladan) bagi adek2 qt…bayangkan aja klo teladannya punya IP Nasakom (nasib satu koma), bagaimana mungkin adek2 qt di akan Smangat mnjadi aktivis seperti qt, terinspirasi oleh prestasi2 qt dan bangga punya kakak seperti qt,,btul???

  1. PENGALAMAN ORGANISASI
  1. Organisasi apa sajakah yang pernah Mbak ikuti, mulai dari semester pertama hingga akhir? Tolong sebutkan dengan detail dan jabatannya?

Afwan klo gak bisa detail, trutama yg kepanitiaan, gak dtulis taunnya n mgkin bnyak yg bingung jenis kegiatannya ap?

– organisasi-

Wakil kepala bidang Syiar Assalam Pendidikan Dokter 2006 th 2006- 2008
Staf divisi Astil (Aplikasi Studi ilmiah) Uswah Student Center* tahun 2006- 2007
Staf Kaderisasi dan PSDM FORISMA (Forum ilmiah dan Studi Mahasiswa) FK Unair th 2007- 2008
Kepala Departemen Kaderisasi dan PSDM FORISMA (Forum ilmiah dan Studi Mahasiswa) FK Unair th 2008- 2009
Kepala Divisi ASTIL dan PTC (Pendampingan Teens Club) Uswah Student Center tahun 2007- 2008
Koordinator Dewan Pembina Teens Club Uswah Student center tahun 2009-…
Staf divisi BSMR Bulan Sabit Merah Indonesia th 2009-…


Uswah Student Center*–pasti banyak yang bingung Uswah Student Center (USC) tuh apa??? USC tuh lembaga dakwah sekolah dek yang tujuan utamanya tuh membuat SMA- SMA dan SMP di Surabaya punya program mentoring wajib bwt seluruh siswanya. Pengurusnya kebanyakan anak UNAIR- ITS yg dulunya kebanyakan mantan aktivis dakwah sekolah gitu…

– Kepanitiaan –
Ketua Panitia SCIP.COM (Islamic Scientific Paper Competition), FRACTURA, OSMOSIS, TRYPANOSOMA dll…
Korbid MEDIS BaksosNas Village Concept Project 2008
Korbid acara U-HERO, SPBU, Try Out UNAS SMA dll…
Korbid KSK Muktamar ASSALAM 2006…
Endorfin (Pendamping Kelompok) ospek fakultas-ARTERI 2007, PALPEBRA 2008, SPINALIS 2009
Sie acara ANTIBIOTIC 2007, PEMILU 2009, RSC 2009 dll…Sie dana SEMINAR Qta, Medical Week dll…

  1. Apa saja manfaat yang mbak dapat selama ini dari berorganisasi, menurut kaca mata mbak sendiri?

Manfaat yg mbak rasakan si diantaranya: jadi banyak mengenal dan memahami karakter orang trutama dalam bekerja, belajar memanaje waktu, belajar berinteraksi dan berkomunikasi dg orang lain, belajar memimpin orang lain, belajar berpikir sistematis dan ilmiah serta mnambah link dan jaringan…n yang terpenting meningkatkan kualitas diri…

  1. Bagaimanakah cara Mbak memanajemen waktu selama ini, antara aktivitas atau kesibukan Organisasi dan aktivitas belajar atau kesibukan mengerjakan tugas? Tolong jelaskan dengan detail pada kami?

Standard sih dek…
Bikin catatan kecil tiap harinya ttg apa2 yang harus dilakukan hari ini, jd kemungkinan untuk melupakan amanah jd minimal…
Bikin jadwal kegiatan pekanan dan ditempel di kamar…
Bikin jadwal belajar tentunya (tp sering terlanggar,hehe…)
Meminimalkan aktivitas2 yg sekiranya gak penting,
Segera bergegas mengerjakan yang lain jika pekerjaan sebelumnya telah selesai…
Tp jangan lupa juga beristirahat dan menghibur diri…klo perlu ngasih reward k diri sendiri klo ada target2 yg telah berhasil dipenuhi…

  1. Apakah yang memotivasi Mbak selama ini untuk aktif berorganisasi?

Hidup tuh cuma sekali, betul??? Jadi harus SMANGAT untuk memberiakn manfaat yag sebanyak- banyaknya…
Lagipula, manfaat organisasi itu kan sebagian besar juga kembali ke diri qt sendiri,,betul???
Mb juga ngerasa skill berorganisasi tuh harus mbak miliki…karena mbak punya keinginan suatu saat bisa mnjadi seorang manajer Rumah Sakit/Kepala Dinas Kesehatan atau Menteri Kesehatan mungkin,hehe…

  1. Bagaimanakah Tips dan Trik berorganisasi yang baik, berdasarkan pengalaman Mbak selama ini?

Jika qt mendapatkan amanah, dimanapun, jadi apapun, kerjakan sebaik mungkin yang qt bisa…dan biarlah Allah dan orang- orang yang beriman yang melihatnya…
Blajarlah dari setiap apa yang kita kerjakan di setiap aktivitas2 organisasi qt…
Bergurulah kepada orang2 yang kalian anggap lebih tau…

  1. CITA-CITA DAN HARAPAN
  1. Pesan dan Harapan untuk Etoser

Ingat, apa yang kalian terima sekarang adalah uang zakat, yang diamanahkan kepada kalian untuk dimanfaatkan sebaik mungkin!!! Maka BERTANGGUNG JAWABLAH!!! Balaslah itu semua (sementara ini) dengan PRESTASI dan KONTRIBUSI semaksimal mungkin yg klian bisa…dan suatu saat nanti smoga qt bisa jadi orang2 yang sanggup memberi!!! SMANGAT BERJUANG dan BERMUJAHADAH (bersungguh- sungguh)!!!

  1. Perasaan ketika ditunjuk untuk menjadi pendamping 2008

Sebenarnya merasa gak pantes, mengingat tanggung jawabnya begitu berat (menurut mb)…tp seperti yg mbak bilang tadi ketika amanah itu datang maka kerjakanlah sebaik mungkin!!! Dan mb mnganggap hal ini juga merupakan bagian dari KONTRIBUSI mb untuk ETOS (sementara ini)…so, Bantu mbak ya adek2!!! Ingetin mbak klo memang ada yg keliru!!! Masukan dari antum smw ttg apapun sangat mbak harapkan!!!

  1. Rencana untuk tahun beberapa tahun kedepan selain menjadi pendamping (Rencana beasiswa S2, kuliah luar negeri, karier, nikah atau sebagainya)

Hafal beberapa juz al- Qur’an…
Lulus dokter tepat waktu dg nilai cumlaude…
Menggenapkan separuh agama tentunya,hehe…

Kuliah S2/ spesialis (dengan beasiswa) di dalam/ luar negeri…dll..

5 thoughts on “Mbak Qoum, pendamping ‘ceriwis’ 2008

  1. waw…mbak commi…
    kerren banget sich loe …
    ayo mbak, pacu kami untuk slalu bersemangat. terutama kami, akhwat jojoran I yang kadang-kadang nakal.
    hehehe….

  2. assalamu’alaikum
    tulisannya sangat memotivasi,, saya sekarang kelas 3 sma dan ingin melanjutkan ke ptn fav,, tapi ada kendala biaya,, bisakah saya bergabung dengan etoser2 yang lain??
    ehya mbak,, kasih tips dan triknya dong agar bisa bergabung dengan etos.
    afwan mbk,, jazakallah sebelumnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s