Halal bi Halal dan Wisuda Angkatan 2006

halal bi halalMembentuk Generasi Mandiri, slogan sebuah rumah inspirasi Beastudi Etos. Bertempat di Ruang Kuliah Lantai 2 Gedung Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, sebanyak 10 penerima Beastudi Etos tahun 2006 (Etoser 06) wilayah Surabaya diwisuda langsung oleh Ibu Nurul Aisyah, ST. koordinator Beastudi Etos wilayah Surabaya. Acara yang sudah rutin dilakukan ini, berlangsung selama kurang lebih 5 jam. Dimulai pukul 12.30 WIB dan diakhiri Halal Bi Halal pada 17.30 WIB. Sebagai panitia, Etoser 07, menyusun serangkaian acara untuk memeriahkan tradisi pelepasan ini.

Acara dibuka oleh sambutan Mbak Nurul selaku coordinator Bestudi Etos wilayah Surabaya. Dalam sambutanya, beliau menegaskan harapan yang dibebankan kepada para Panitia Orang Sukses Indonesia ini agar kelak bisa membangun sebuah Rumah etos bukan lagi sebuah kontrakan yang biayanya lumayan mahal. Beliau juga mendoakan semoga bisa menjadi orang yang dapat membantu menghidupi orang lain yang senasib dalam kategori ekonomi menengah ke bawah.

Tampil sebagai hiburan pembuka, tim nasyid Etos Voice yang personilnya adalah Arnas, Hasan, Eeng, Agus dan Sony (Etoser 09). Lagu Neo Shalawat dibawakan untuk menghidupkan suasana yang saat itu sudah menunjukkan waktu istirahat. Acara pun semakin semarak begitu sang MC, Khoirul Anwar A (Etoser 07) membacakan beberapa nominasi untuk para wisudawan/wisudawati. Memang penentuan nominasi ini dilakukan oleh para etoser sendiri sehingga sifat subyektif lebih mendominasi.

Sebagai Etoser Ter-Cakep, ternyata diperoleh oleh Bang Tyo. Dalam kategori ini aspek yang dilihat adalah kealiman dari para etoser. Kategori selanjutnya adalah Etoser Ter-Aktif. Dan yang berhak menyandang nominasi ini adalah Mas Say. Sedang untuk Mas Hasan memproleh gelar Etoser Ter-Kreatif.

Beda Ikhwan, beda Akhwat. Mbak Qomi, tampil sebagai Etoser Ter-Semangat. “Walaupun akhwat, tetep harus smangat. Dan hidup di Etos pun membutuhkan semangat yang besar,” tegasnya menunjukkan sikap tersemangatnya. Kategori selanjutnya Etoser Ter-Rapi. Untuk posisi yang satu ini ditempati oleh Mbak Sholi/Icha. Sedangkan untuk Mbak Rida menduduki kategori Etoser Ter-Cerdas. Mungkin karena keanehan yang terjadi pada gadis asal Magetan ini. Walaupun sering tidur di kelas, tetapi prestasinya sangat membanggakan. Salah satunya adalah menjadi wakil untuk pertukaran mahasiswa ke Malaysia.

Mbak Siti, mahasiswa farmasi ini, meraih gelar Etoser Ter-Rajin. Selanjutnya wisudawati yang berhak menjadi Etoser Ter-Disiplin, diambil oleh Mbak Nisma dari jurusan teknik Industri ITS. Ada juga kategori Etoser Ter-Care yang secara sengaja atau tidak, diberikan kepada Mbak Mei. Dan yang terakhir adalah kategori Ter-Kaya. Kaya dalam artian yang suka membantu dalam hal financial. Nominasi ini dimenagkan oleh Mbak Esti, mahasiswa jurusan Teknik Kelautan.

wisuda 06

Lanjut setelah Mbak Nurul menyematkan tanda nominasi-nominasi di atas, acara tidak berhenti disini. Suasana kekeluargaan dan penuh kehangatan semakin tercipta, dengan tampilnya para wisudawan/wisudawati. Mereka mengenalkan lebih jauh tentang dirinya dan juga memberikan nasihat, pengalaaman-pengalaman, serta harapan-harapan kepada junior-juniornya. Canda tawa pun tidak jarang mengisi atmosfer ruangan itu. Tingkah aneh dan testimoni antar wisudawan, sering memancing emosi terbahak para peserta yang mendengarkan. Bukan terlihat sebagai sifat kekanak-kanakan melainkan terlihat suatu persahabatan yang berlanjut ke arah kekeluargaan.

Dikesempatan itu juga, tampil Mas Samsuri (Supervisor Etos Surabaya 2006 & 2008) dan Subandi Rianto (alumni SMART Ekselensia Indonesia). Selama hamper 1 jam, mereka berduet mempre-sentasikan Rumah Baca Cendekia (RBC). Ide kreatif ini diharapakan dapat terwujud dengan tujuan mengentaskan buta aksara dan diharapkan juga bisa membentuk karakter seseorang, masyarakat, dan akhirnya dapat membentuk karakter bangsa Indonesia.

Tak luput dari sorotan media, perwakilan CABE (Corps Alumni Beastudi Etos) pun juga hadir dalam acara tersebut. Mas Dendi Kuncoro, mahasiwa Teknik Elektro, mengisi bangku kosong yang memang sudah disiapkan untuk para alumni.

Diakhir acara wisuda ini sebelum ditutp do’a, dilakukan juga sesi tukar kado sebagai bentuk rasa sayang kita terhadap sesama etoser. Sepertinya ini menjadi sesi yang lumayan ditunggu-tunggu. “Kira-kira dapat apa ya…?” Memang sebagai tiket masuk untuk dapat mengikuti acara ini adalah peserta diwajibkan membawa kado dengan beberapa persyaratan. Seperti misalnya harus bernilai nominal Rp 10.000,00 (sepuluh ribu), tidak boleh berupa barang habis pakai, diselipkan juga taujih dan dibungkus kertas Koran. Kalau dapat dianalisa, semua persayaratan itu mempunyai makna. Nilai nominal Rp 10.000,00 menunjukkan bahwa kita diajari untuk menjadi seorang yang dermawan. Tidak boleh barang habis pakai, dapat diasumsikan bahwa ikatan keluarga Etos itu akan abadi. Hanya yang Maha Hidup yang bisa memisahkan. Dimana pun kita kelak, seandainya Etos memerlukan sumbangsih, maka dengan senang hati dan sikap siap sedia akan selalu tertanam dalam diri. Syarat selanjutnya adalah harus ada taujih. Ini menunjukkan bahwa sebagai manusia harus saling menasehati. Sedang untuk bungkus Koran, menunjukkan kesederhanaan. Karena sesungguhnya orang yang berlebih-lebihan itu sangat dekat dengan syaitan…….

by Khoirul E’07

7 thoughts on “Halal bi Halal dan Wisuda Angkatan 2006

  1. wahhh…..!!!!!!!

    trims buat mas choitul yang udah buatin laporannya…
    sayangnya aku ikut cuman jam 3 aja…
    jadi gak sempet liat ustad samsuri presentasi…

    eh…
    sapah yang kadonya dapat seruling hayo…???

  2. wah, ane mohon maaf ya..ga bisa ngajak alumni cabe yang lain!!!. Oya emang sebagai keluarga ETOS, kita harus saling menasehati, saling menyemangati, mengingatkan, menolong dan yang paling penting saling mendoakan!!!OK..
    Wassalamu alaykum

  3. kenangan yg indah ntuk sulit dilupakan.
    thak’s etos. semoga kalian (etoser07-etoser09) bisa lebih baik dr mas dan mbk pendahulu kalian.

    keep … (every thing is positif)
    hokage VIII (HaKu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s