Berwirausaha di Perguruan Tinggi, mengapa penting?

Fakta berbicara, ada sekitar 4,5 juta penganggur terdidik saat ini. Sebanyak  4.516.100 dari 9.427.600 orang yang masuk ketegori pengangguran terbuka februari 2008 adalah lulusan SMA, SMK, Program Diploma, dan Universitas. Singapura memiliki jumlah Entrepreneur sekitar 7,2 %, dan Amerika Serikat 2,14 %. Sedangkan Indonesia yang berpenduduk 220 juta jiwa hanya memiliki sekitar 400.000 pelaku usaha mandiri atau sekitar 0,18 % entrepreneur dari jumlah penduduknya. Ciputra berkeyakinan, Indonesia akan maju jika sedikitnya mempunyai 4 juta entrepreneur.

Kenapa banyak pengangguran..??

Studi statistik menyatakan, mayoritas lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia lebih memilih menjadi pekerja. Kemudian, Pertumbuhan lapangan pekerjaan tak sebanding dengan pencari kerja. Serta kebanyakan Perguruan Tinggi mencetak lulusannya sebagai pencari kerja bukan sebagai pencipta lapangan kerja. Bagaimana Negara ini mau maju..?? sebuah Entrepreneur data menyatakan, “To reach a stable development, a country should have at least 2% of its citizens as entrepreneurs”. Prinsip itulah yang harusnya dikaji pemerintah saat ini.

Menurut Robert Kiyosaki’s CASHFLOW Quadrant

kiyusaki quadran

Kebanyakan masyarakat maju saat ini sudah beralih pada mindset aliran kanan, yaitu Business owner dan investor yang lebih menjanjikan. Karena di ranah inilah sebuah aset yang bekerja untuk kita. Jadi meskipun kita memutuskan berhenti atau berhalangan dalam bekerja, bisnis akan terus berjalan dan keuntungan pun akan terus mengalir. Beda halnya dengan ranah kiri, employ dan self employed, mindset klasik ini lebih condong pada penggunaan sumber daya diri baik fisik maupun mental untuk kebutuhan kerja, sehingga bila kita berhenti atau putus kerja, maka keuntuingan tidak lagi didapatkan. Jadi, bangunlah aset anda saat ini juga.

Motivasi  The power of MIND”, ialah inspirasi yang dibangun dalam diri sendiri. Semua perilaku manusia dikendalikan dan diatur oleh sebuah organ yang besarnya kurang lebih setelapak tangan dengan berat 1,5 kg, yaitu OTAK. Apabila diteliti, Otak tersusun dari 1 triliun sel otak, yang jumlahnya setara dengan 167 kali jumlah penduduk bumi. Dan setiap sel otak mampu bekerja lebih hebat dari PC komputer yang kita miliki hingga keluaran paling mutakhir sekalipun.  The power of MIND sangat menentukan dimana pemikiran dan keinginan kita melayang jauh sangat tinggi dibanding kebanyakan orang pada umumnya. Janganlah memikirkan sesuatu yang sulit sebagai suatu ketidakmungkinan, namun lepaskan ide anda untuk menyelesaikannya dari suatu sisi pemikiran yang tidak pernah terjangkau oleh orang sebelumnya. Bila anda merasa terbatas dalam suatu hal, maka keterbatasan itulah yang akan membatasi anda. Hanya orang-orang istimewa saja yang berhak sukses, jadi buatlah diri anda istimewa.

Sikap Wirausaha..!!

Jadilah seorang yang Otonomi dalam urusan anda, jika anda dapat menyelesaikan, jangan biarkan orang lain mempengaruhi keputusan anda. Dan percaya diri dalam bergaul, baik dengan masyarakat bahkan masalah. Bertanggung jawab merupakan hal yang sangat jarang dimiliki orang, jadilah bentuklah tanggung jawab anda untuk memikat kepercayaan orang. Jangan lupakan Kreatif dimana letak nilai jual seseorang. Lalu, mampu mengambil keputusan dalam hal apapun, tinggalkan keraguan yang membuat anda tidak percaya diri memutuskan. Mampu menerima perbedaan (mengembangkan toleransi) terhadap orang lain, agar kita pun juga diterima oleh perbedaan atas kekurangan. Serta Tekun dan ulet dalam bekerja.

I know HOW TO BE SUCCES !!

seorang yang mengetahui potensi diri, seorang tahu bagaimana cara menuju sukses, dan seorang yang bersedia berjuang menitih langkah sukses, dialah orang yang sukses. Langkah? Positive thinking, masa lalu adalah sejarah dan masa depan adalah harapan. Terus berlatih dan bekerja keras serta membiasakan diri menjadi diri yang penuh (menghargai waktu). Mengembangkan sifat2 yang mengarah pada pengembangan diri. Dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari detik ke detik. Serta berupaya mendapatkan proses belajar dan makna dari setiap pengalaman. Mudah kan..??

How about “THE KEYES”..?? ada dua hal kunci utama seorang sukses berwira usaha, yaitu:

Being Creative!!

  • · Berpikir banyak kemungkinan yang unik dan berbeda (orisinalitas)
  • · Berani berpikir aneh-aneh/terbalik (out of the box)
  • · Melihat peluang yang tidak terpikirkan oleh orang lain (opportunity creator)
  • · Terbuka terhadap pengalaman baru (open mind)

What Innovation..!!

  • · A technological (new product or new way of producing)
  • · Offering a new service standardizing fast preparation
  • · In the way the organization is structured and managed
  • · In the way relationship are maintained between organization

9 tipe Entrepreneur:

  1. Penasehat/Konsultan (Advisor), ex: profesi konsultan
  2. Organisator/Administrator, ex: EO, auditor, jasa maintaine database
  3. Creator, ex: pengrajin
  4. Care taker, ex: pengusaha property
  5. Communicator/Trainer,    ex: penulis, trainer
  6. Entertainer, ex: artis, penyanyi
  7. Investor/Owner, ex: investor, pemilik saham/obligasi
  8. Seller, ex: asuransi, salesman
  9. Enginer/Technology, ex: otomotif, software

davi
No Action Nothing Happen,
When You Take Action,
Miracle Happen !!

by Davi E’07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s