Perkembangan Teknologi, keuntungan atau kerugian?

Teknologi. Suatu kata bernuansa modern yang sepertinya tidak asing lagi di telinga kita. Kata ini disebut-sebut sebagai indikator kemajuan suatu Negara namun tak jarang juga disebut sebagai pemicu konflik antar Negara. Perkembangan ilmu pengetahuan merupakan landasan utama yang selalu disertai oleh perkembangan teknologi. Banyak yang berfikir bahwa kemajuan teknologi merupakan pertanda dari kemajuan peradaban umat manusia, namun tidak jarang pula yang berfikir bahwa perkembangan teknologi merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup manusia. Perbedaan pola pikir inilah yang hingga sekarang mewarnai kontroversi dibalik kemajuan teknologi dunia.

Pihak yang berpendapat bahwa perkembangan teknologi merupakan tanda dari kemajuan peradaban umat manusia beralasan bahwa kemajuan teknologi banyak memberi keuntungan bagi kelangsungan hidup manusia. Mereka berdalih dengan kemajuan teknologi kehidupan manusia menjadi semakin mudah dan terarah. Salah satu contoh mesin-mesin industri, seiring kemajuan zaman kini mesin dapat beroperasi secara mandiri dan memproduksi bahan kebutuhan manusia melebihi kinerja manusia sendiri. Dengan perkembangan mesin seperti ini manusia sangat dimudahkan karena tidak perlu susah payah melakukan kerja. Selain itu kemajuan dibidang komunikasi dan transportasi menjadikan manusia dapat melakukan segala sesuatu secara efisien.

Namun di pihak yang berlawanan, orang-orang cenderung membenci perkembangan teknologi. Mereka beralasan bahwa banyaknya perang timbul akibat dari perlombaan senjata yang dilakukan oleh Negara-negara berkembang. Sebagai salah satu contoh pengembangan senjata menggunakan reaktor nuklir. Isu ini sangat mencemaskan sejak adanya perkembangan teknologi di bidang pengembangan energi nuklir. Negara-negara yang mencoba mengembangkan energi nuklir sebagai energi alternatif banyak dicurigai sebagai Negara yang mengembangkan pula senjata nuklir. Hal inilah yang menyebabkan fenomena saling tuduh antar Negara yang ujungnya tidak jarang melahirkan konflik.

Namun jika ditinjau secara mendalam kontroversi di bidang perkembangan teknologi ini hanyalah perbedaan sudut pandang dan cara berfikir. Memang semua fenomena di atas benar-benar terjadi. Tidak ada yang salah perihal fakta dan cara berfikir mereka. Namun haruskah masalah pemikiran seperti ini menjadi jurang pemisah dari perkembangan suatu ilmu pengetahuan? Seharusnya tidak. Teknologi merupakan perwujudan dari perkembangan ilmu pengetahuan manusia yang senantiasa diasah dan diturunkan pada generasi selanjutnya. Umat manusia dituntut untuk selalu berfikir dalam rangka mempertahankan kehidupannya. Proses berpikir inilah yang selanjutnya akan menghasilkan metode-metode baru dalam menghadapi permasalah kehidupan. Oleh karena itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia senyampang manusia masih memilki hambatan dalam kehidupannya. Namun perkembangan Iptek memerlukan landasan yang kuat berupa iman dan taqwa (Imtaq). Dengan selarasnya perkembangan antara dua aspek kehidupan ini, penyalahgunaan Iptek dapat diminimalisir. Sehingga manusia dapat tetap menikmati perkembangan teknologi tanpa adanya rasa kuatir akan penyalahgunaannya.

by Ridwan E’08

4 thoughts on “Perkembangan Teknologi, keuntungan atau kerugian?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s