Luluk Mar’atus Sholehah


Luluk Maratus Solekhah dari Kediri, saya diterima di ITS jurusan teknik sipil angkatan 2005. Saat itu perasaan seneng atau sedih saat mengetahui bahwa saya diterima masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SPMB,yang terlintas dipikiran saya hanya “saya bisa membayar uang masuk kuliah apa gak y…! “. Hal itu yang sangat membuat saya putus asa untuk melanjutkan study ke perguruan tinggi. Tapi disisi lain saya yakin bahwa Allah pasti akan memberikan kemudahan jalan pada saya,setelah tiga hari pengumuman saya pergi ke Surabaya untuk mencari pengumuman tentang keringanan bayar SPI dan SPP saat itu ternyata tidak boleh pembebasan SPP tetapi hanya keringan bayar dengan cara penundaan waktu pembayaran,biaya pertama harus bayar setengahnya dari pembayaran. Selama tiga hari saya pulang pergi Kediri – Surabaya untuk mengurusi semua persyaratan  untuk mendapatkan keringanan tersebut, saat itu saya belum mendapatkan tempat kost karena belum ada uang untuk menyewa kost.

Saat menginjak tahun pertama masuk saya diberi undangan oleh salah satu senior saya yang juga penerima beasiswa etos untuk mengikuti wawancara gelombang ketiga yang sebelummya saya belum tau apa bea study etos itu, ternyata saya diajukan oleh fakultas untuk mengikuti wawancara karena saat itu saya pernah mengajukan beasiswa ke fakultas sehingga nama saya diperoleh dari data difakultas. Hampir satu bulan setelah wawancara, pendamping etos memberitahukan pengumuman bahwa saya menerimaan beasiswa dari Dompet Dhuafa. Saya sangat bersyukur sekali bisa mendapatkan beasiswa ini.

Pada semester pertama saya merasa minder sekali dengan temen – temen saya karena saat awal masuk merupakan proses adaptasi dengan lingkungan dan teman – teman baru dengan strata yang lebih tinggi dari SMA, tetapi dengan IP yang saya dapatkan rasa percaya diri saya meningkat  dan saya berpikir ternyata kemampuan saya tidak kalah dengan mereka walaipun banyak kekurangan yang saya miliki. Semester satu, dua saya belum aktif dalam organisasi karena saat itu saya berpikir untuk study oriented tapi dengan adanya bimbingan pendamping ternyata organisasi merupakan ajang untuk meningkatkan softskill, kemampuan komunikasi, cara berinteraksi dengan orang dan saat itu saya sudah menginjak tahun ke kedua saya baru mengikuti kepanitiaan kegiatan –kegiatan dan bergabung dalam di organisasi jurusan Teknik Sipil sebagai staff di departemen pengabdian masyarakat,disitu saya berusaha menggali potensi untuk mengasah  potensi yang saya miliki.

Pada semester tiga etos memfasilitasi asrama, diasrama ini saya sangat bersyukur bisa merasakan betapa indahya mendapatkan keluarga baru, karena bisa tinggal di lingkungan yang baik dengan orang-orang yang terbaik. Hal yang sangat saya rindukan setiap diasrama adalah saat sepertiga malam terakhir, yaitu saat semua etoser dibangunkan untuk sholat malam sambil terkantuk-kantuk mereka mengambil air wudhu.sehingga Qiyamullail dapat terjaga selama tinggal diasrama,yang itu merupakan nikmat yang begitu besar. Agenda – agenda rutin yang ada mendidik saya untuk bisa berinteraksi, bertanggungjawab dan disiplin.

Baik suka maupun duka, tinggal diasrama merupakan sebuah kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan walaupun tinggal satu semester lagi diasrama  karena dengan tinggal diasrama banyak ilmu dan pengalaman yang saya peroleh, bisa kenal dengan orang – orang hebat dengan pengalaman – pengalamannya yang luar biasa, membuat saya lebih bangga lagi dapat diterima di Beastudy Etos meskipun merupakan beasiswa untuk kalangan dhuafa. Tapi saya sangat yakin Etos adalah panitia – panitia orang sukses Indonesia, dan ini merupakan slogan yang membuat saya semakin yakin bahwa suatu saat bisa menjadi orang hebat, memang sekarang jadi mustahik tapi suatu saat harus jadi muzzaki.

THANK YOU ALLAH

Tinggalkan Balasan

